Pengaruh Perkembangan Ekonomi dan Perdagangan dalam Penggunaan Teknologi

Waktu terus memburu para pendulang uang. Perkembangan kehidupan perekonomian dan pertumbuhan pendudukyang semakin banyak menyerap hasil-haisl produksi yang ada. Pada sisi lain, perdagangan sebagai jalur distribusi dan aliran barang turut pula dalam peran serta pergeseran perubahan produksi.

Dalam masyarakat Yunani-Romawi klasik, sebagian besar barang kebutuhan sehari-hari lebih banyak dihasilkan oleh kalangan sendiri dalam jumlah yang relatif kecil dan terbatas. Kalaupun memerlukan jumlah yang lebih banyak cenderung didapat dari hasil rampasan perang dan daerah taklukan, atau yang lebih lazim pada waktu itu adalah mendatangkan barang dariluar wilayah terutama dari Asia Minor. Khusus untuk barang-barang yang bersifat mewah, lebih banyak didatangkan dari Asia dan Afrika utara. Di Eropa sendiri barang-barang yang terlihat mewah tidak memproduksi secara besar-besaran. Disini ada kecenderungan bahwa pada masa Yunani-Romawi klasik baran-barang yang dibutuhkan untuk kelengkapan dan aksesoris masih bersifat sederhana, baik dalam bentuk pakaian, perabotan, maupun hal-hal yang berkaitan dengan keduniawian.

Pada masa klasik ini mereka lebih menitikberatkan pada kemampuan dan kekuatan militer untuk dapat menaklukan wilayah lain. Ini menjadi analisa awal bahwa mereka beranggapan barang-barang tidak perlu diproduksi sendiri tapi dapat diambil dari hasil rampasan dan penaklukan daerah lain.

Namun pada perkembangaanya, kehidupan ekonomi dan perdagangan turut pula menyumbangkan dalam pergesaran pandangan tersebut. semakin banyaknya barang yang mengalir ke Eropa juga memberikan pengaruh terhadap pola hidup baik cara berpakian, cara menggunakan kemewahan dsb.

Tumbuhnya perdagangan,kota-kota, dan penduduk memiliki imbas langsung terhadap perubahan teknologi. Salah satu buktinya pada abad X dan XI mulai ditemukan alat-alat giling yang digunakan untuk penggilingan padi yang digerakan oleh tenaga air dan abad XVI menggunakan kuda. Dalam ini dapat kita lihat bahwa telah terjadi perkebangan penggunaan teknologi dari yang bersifat manual dengan tenaga manusia kemudian berubah menggunakan tenaga alam ataupun hewan.

Berdasarkan hal tersebut, tulisan ini akan membahas tentang bagaimana pengaruh perubahan perekonomian terutama perdagangan, pertumbuhan kota-kota, dan pertambahan penduduk mempengaruhi teknologi. Selain itu bagaimana peralihan teknologi yang digunakan pada abad pencerahan. Apakah hal tersebut bersifat signifikan dalam hal produksi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s